Opinion

Sikap Politik Kaum Muda Tentukan Arah Bangsa

Sikap Politik Kaum Muda Tentukan Arah Bangsa February 25, 2018
Sikap Politik Kaum Muda Tentukan Arah Bangsa

Terjun ke dunia politik adalah jalan masuk kedalam sistem pemerintahan, guna membawa negara ke arah yang lebih baik. Lalu bagaimana kaum muda memandang perpolitikan di Indonesia saat ini? Apakah berani terjun langsung, atau malah justru menghindari hal tersebut?

Tidak dapat dipungkiri yang kerap muncul ke permukaan pada dunia perpolitikan di Indonesia saat ini, masih didominasi oleh kalangan dengan usia yang dianggap senior. Hanya segelintir kaum muda yang terlihat aktif berpolitik, itupun hanya sesekali muncul ke permukaan atau selebritis muda yang adu peruntungan di dunia politik.

Anggapan kaum muda belum memiliki cukup pengalaman berpolitik, atau suara kaum muda hanya penting saat event pertarungan politik sebagai pemilih, setelah itu suara mereka tak lagi didengar oleh para politisi. Hal tersebut yang kerap kali menghantui di benak para kaum muda.

Suara lantang anak muda yang menuntut perbaikan negara hanya berakhir di ajang demonstrasi belaka, atau rangkaian kata-kata pada linimasa sosial media. Tak ada kelanjutan yang bersifat signifikan, suara para kaum muda hanya dianggap sebuah ekspresi yang meletup-letup di usia mereka.

Oleh karenanya mereka acapkali menghindari segala hal yang berbau politik, ditambah lagi kelakukan para politisi yang terlibat kasus korupsi seakan menambah citra buruk perpolitikan Indonesia di mata para penerus bangsa ini.

Baca Juga: Imigran Digital dan Hoax Politik

Padahal kualitas anak muda ditentukan ketika ia berani berbicara dan bertindak terhadap suatu hal yang besar. Anak muda juga sudah ditakdirkan menjadi agen perubahan bangsa, anak muda dituntut untuk kritis terhadap kondisi negara saat ini.

Youth involvement has moved forward. It is no longer seen as a rebellious act, the way it was a few decades ago. — Maureen A. Sedonaen

Munculnya beberapa partai baru yang mengklaim berisikan para politisi muda, membawa angin segar dalam dinamika perpolitikan negeri ini. Walaupun secara kasat mata perubahan tersebut belum dapat terasa secara besar, karena masih harus melewati ujian pertarungan politik pada tahun depan. Tapi setidaknya itu menjadi bukti para kaum muda sudah berani untuk terjun ke dunia politik, dan siap untuk bertarung dengan para senior mereka di kancah perpolitikan.

Sikap dan pandangan anak muda seperti itulah yang telah lama dinanti ada di negeri ini. Kemunculan fenomena-fenomena anak muda yang berani bersuara dan terjun langsung ke politik merupakan sebuah sikap menghargai politik yang harus terus ada dalam diri setiap kaum muda. Salah satu bagian terbesar dari bangsa adalah politik, dengan berani berpolitik berarti kaum muda sudah siap dan berani untuk membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Politik ada pada setiap aspek pembangunan bangsa dan negara, politik adalah alat untuk mengubah negeri ini, sedangkan generasi muda merupakan penerus bangsa. Tentunya itu merupakan sebuah tanggung jawab besar, karena nasib Indonesia di masa yang akan datang otomatis ada di tangan para generasi muda. Tentu saja tak lepas dari bimbingan para senior.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2